Visi
Mengembangkan keilmuan pendidikan islam anak usia dini yang inovatif, adaptif dan bereputasi internasional berlandaskan paduan sains dan islam
Misi
-
- Mengembangkan program pendidikan unggul dan inovatif untuk mempersiapkan lulusan yang memiliki karakter ulul albab, integritas, kompetitif dan dedikasi yang tinggi
- Mengembangkan program kajian, penelitian, pengembangan dan pelatihan yang berkontribusi pada keilmuan dan terapan yang inovatif dan berakar pada kearifan lokal dalam bidang pendidikan islam anak usia dini
- Mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat berupa bimbingan, pendampingan, advokasi, dan bantuan profesional kepada masyarakat di bidang pendidikan islam anak usia dini
- Mengembangkan jejaring dan kemitraan tingkat nasional, regional, dan internasional dalam bidang pendidikan islam anak usia dini.
Tujuan
PIAUD UIN Malang telah merumuskan nilai-nilai Unggul berupa Program Education Objectives (PEO) yang terdiri dari: berpikir kritis-inovatif; kompeten-kompetitif; komunikatif-adaptif; integritas-profesional dan kepemimpinan-spiritual. Dari kelima nilai-nilai unggul tersebut, PIAUD UIN Maulana Malik bertujuan untuk mengantarkan lulusannya menjadi:
-
-
-
- Secara karir, lulusan berhasil mencapai karier profesional yang ditandai dengan memiliki kompetensi yang kompetitif, berintegritas, inovatif dan mampu beradaptasi dengan kemajuan dan nilai- nilai universal kemanusiaan.
- Secara karakter, lulusan memiliki semangat kepemimpinan dengan mengedepankan nilai-nilai spiritual Islam, beretika atau berakhlak mulia, etos kerja yang tinggi, dan menjadi pembelajar seumur hidup untuk mempertahankan keunggulan dalam kreasi dan inovasi.
-
-
Strategi Prodi
Untuk mencapaai tujuan yang telah dicanangkan, maka sasaran yang ditargetkan Prodi PIAUD UIN Malang adalah sebagai berikut:
No |
Sasaraan Strategis |
Baseline |
Periode |
||
2006-2010 |
2011-2020 |
2021-2030 |
|||
1 |
Akreditasi program studi di tingkat nasional (BAN PT/Lamdik) |
B |
Terakreditasi |
B/A |
Unggul |
2 |
Akreditasi dan atau sertifikasi program studi di tingkat internasional |
Belum Terakreditasi |
– |
Terakreditasi |
Terakreditasi |
3 |
Akreditasi jurnal ilmiah program studi di tingkat nasional (SINTA) |
Belum Terakreditasi |
Inisiasi |
Konsisten/ Pengajuan Akreditasi |
Terakreditasi Sinta |
4 |
Indeksasi jurnal ilmiah program studi di tingkat internasional bereputasi (Scopus, WOS) |
Belum Terindeks |
Belum Terindeks |
Belum Terindeks |
Pengajuan Akreditasi |
5 |
Jumlah mahasiswa asing |
1 |
0 |
0 |
1 |
6 |
Presentasi mahasiswa di prestasi tingkat nasional |
3% |
1% |
3% |
10% |
7 |
Presentase dosen dengan publikasi di jurnal internasional bereputasi atau HKI/paten |
10% |
0% |
10% |
25% |
8 |
Presentase dosen dengan publikasi di jurnal nasional terakreditasi |
60% |
20% |
100% |
100% |
9 |
Jumlah karya ilmiah dosen yang dipublikasikan dalam forum internasional |
20% |
0% |
20% |
60% |
10 |
Prosentase dosen dengan jabatan akademik Lektor Kepala/Guru Besar |
10% |
10% |
30% |
60% |
11 |
Persentase dosen yang mendapatkan hibah penelitian |
40% |
20% |
40% |
100% |
12 |
Persentase dosen yang mendapatkan hibah pengabdian masyarakat |
40% |
20% |
40% |
100% |
13 |
Tingkat kepuasan stakeholders terhadap layanan program studi |
3.2 |
3.4 |
3.5 |
3.7 |
14 |
Persentase lulusan dengan lama studi sesuai standar |
70% |
70% |
80% |
90% |
15 |
Rata-rata nilai kinerja dosen |
3.2 |
3.3 |
3.5 |
3.7 |
16 |
Presentase lulusan bekerja dalam tiga bulan |
60% |
100% |
100% |
100% |
17 |
Tingkat implementasi kerjasama dengan program studi sejenis atau mitra/lembaga lainnya |
5 |
10 |
15 |
20 |