VISI
Mengembangkan keilmuan pendidikan islam anak usia dini yang inovatif, adaptif dan bereputasi internasional berlandaskan paduan sains dan islam
MISI
- Mengembangkan program pendidikan unggul dan inovatif untuk mempersiapkan lulusan yang memiliki karakter ulul albab, integritas, kompetitif dan dedikasi yang tinggi
- Mengembangkan program kajian, penelitian, pengembangan dan pelatihan yang berkontribusi pada keilmuan dan terapan yang inovatif dan berakar pada kearifan lokal dalam bidang pendidikan islam anak usia dini
- Mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat berupa bimbingan, pendampingan, advokasi, dan bantuan profesional kepada masyarakat di bidang pendidikan islam anak usia dini
- Mengembangkan jejaring dan kemitraan tingkat nasional, regional, dan internasional dalam bidang pendidikan islam anak usia dini.
Tujuan
PIAUD UIN Malang telah merumuskan nilai-nilai Unggul berupa Program Education Objectives (PEO) yang terdiri dari: berpikir kritis-inovatif; kompeten-kompetitif; komunikatif-adaptif; integritas-profesional dan kepemimpinan-spiritual. Dari kelima nilai-nilai unggul tersebut, PIAUD UIN Maulana Malik bertujuan untuk mengantarkan lulusannya menjadi:
- Secara karir, lulusan berhasil mencapai karier profesional yang ditandai dengan memiliki kompetensi yang kompetitif, berintegritas, inovatif dan mampu beradaptasi dengan kemajuan dan nilai- nilai universal kemanusiaan.
- Secara karakter, lulusan memiliki semangat kepemimpinan dengan mengedepankan nilai-nilai spiritual Islam, beretika atau berakhlak mulia, etos kerja yang tinggi, dan menjadi pembelajar seumur hidup untuk mempertahankan keunggulan dalam kreasi dan inovasi.
Strategi Prodi
Untuk mencapaai tujuan yang telah dicanangkan, maka sasaran yang ditargetkan Prodi PIAUD UIN Malang adalah sebagai berikut:
No | Sasaraan Strategis | Baseline | Periode | ||
2006-2010 | 2011-2020 | 2021-2030 | |||
1 | Akreditasi program studi di tingkat nasional (BAN PT/Lamdik) | B | Terakreditasi | B/A | Unggul |
2 | Akreditasi dan atau sertifikasi program studi di tingkat internasional | Belum Terakreditasi | – | Terakreditasi | Terakreditasi |
3 | Akreditasi jurnal ilmiah program studi di tingkat nasional (SINTA) | Belum Terakreditasi | Inisiasi | Konsisten/ Pengajuan Akreditasi | Terakreditasi Sinta |
4 | Indeksasi jurnal ilmiah program studi di tingkat internasional bereputasi (Scopus, WOS) | Belum Terindeks | Belum Terindeks | Belum Terindeks | Pengajuan Akreditasi |
5 | Jumlah mahasiswa asing | 1 | 0 | 0 | 1 |
6 | Presentasi mahasiswa di prestasi tingkat nasional | 3% | 1% | 3% | 10% |
7 | Presentase dosen dengan publikasi di jurnal internasional bereputasi atau HKI/paten | 10% | 0% | 10% | 25% |
8 | Presentase dosen dengan publikasi di jurnal nasional terakreditasi | 60% | 20% | 100% | 100% |
9 | Jumlah karya ilmiah dosen yang dipublikasikan dalam forum internasional | 20% | 0% | 20% | 60% |
10 | Prosentase dosen dengan jabatan akademik Lektor Kepala/Guru Besar | 10% | 10% | 30% | 60% |
11 | Persentase dosen yang mendapatkan hibah penelitian | 40% | 20% | 40% | 100% |
12 | Persentase dosen yang mendapatkan hibah pengabdian masyarakat | 40% | 20% | 40% | 100% |
13 | Tingkat kepuasan stakeholders terhadap layanan program studi | 3.2 | 3.4 | 3.5 | 3.7 |
14 | Persentase lulusan dengan lama studi sesuai standar | 70% | 70% | 80% | 90% |
15 | Rata-rata nilai kinerja dosen | 3.2 | 3.3 | 3.5 | 3.7 |
16 | Presentase lulusan bekerja dalam tiga bulan | 60% | 100% | 100% | 100% |
17 | Tingkat implementasi kerjasama dengan program studi sejenis atau mitra/lembaga lainnya | 5 | 10 | 15 | 20 |